Kamis, 21 Maret 2013

makanan khas Riau


Suatu daerah tentulah memiliki ciri yang khas yang identik dengan daerahnya,salah satunya adalah makanan dan minuman.berikut adalah makanan-makanan khas daerah riau:
1.Bolu Kemojo


Bolu Kemojo adalah panganan khas Melayu dari Riau. Kue ini sering disajikan pada hajatan, buka puasa, atau perayaan-perayaan hari besar seperti lebaran. Pada umumnya kue ini berwarna hijau coklat dengan rasa pandan. Namun, kini juga dikembangkan berbagai macam rasa seperti durian dan kacang.
 2.Kue Palito Daun

Kue Palito Daun adalah makanan khas Riau dari kabupaten Kampar. Mengapa bisa disebut Kue Palito Daun? Kue ini disebut Kue Palito Daun karena saat bagian bawah kue ini dibuka, bentuknya seperti sumbu palito. Bentuk Kue Palito Daun adalah persegi, warna bagian atas Kue Palito Daun adalah putih, kue ini diletakkan diatas daun pisang. Bahan baku pembuatan Kue Palito Daun adalah tepung beras.

3.Lempuk Durian


Lempuk Durian merupakan salah satu Jenis Makanan Khas dari Riau yang terbuat dari Durian, lempuk ini berbentuk seperti dodol. Selain di Riau, lempuk juga dapat dijumpai di daerah lain di Sumatera. Siapa sih yang tidak kenal dengan lempuk durian, "Makanan Khas Riau" ini berasal dari Kab. Bengkalis, bahkan lempuk sudai menjadi ikon Bengkalis, jika kita berkunjung ke Bengkalis kurang lengkapnya jikanya tidak membeli buah tangan Lempuk Durian.

4.Dadih

Asal makanan khas Riau yang satu ini sama dengan Kue Palito Daun diatas, yakni dari kabupaten Kampar. Dadih merupakan susu kerbau yang difermentasikan layaknya yoghurt. Selain di Riau, Dadih juga dapat dijumpai di provinsi Sumatera Barat.

5.Roti Jala


Roti jala terbuat dari kombinasi adonan tepung serta berbagai jenis kuah yang bisa dijadikan pilihan. Kuah yang sering digunakan adalah kuah kari dan kuah manis. Roti jala sering ditemui pada saat acara resepsi pernikahan, akikah serta pada saat bulan ramdahan dan hara raya idul fitri/adha.

6.Kue Jalo


Sama seperti Kue Palito Daun dan Dadih, Kue Jalo juga makanan khas Riau dari kabupaten Kampar. Bahan baku Kue Jalo adalah tepung terigu yang bebentuk seperti jalo karena adonan dimasukkan ke dalam cetakan yang berbentuk corong.
7. Kue Bangkit



Diberi nama kue bangkit karena ukuran dari kue ini setelah matang dan dikeluarkan dari oven akan berukuran dua kali lipat dari ukuran adonan semula. Warna kue bangkit ini putih kekuningan dan kadang dipercantik dengan diberi noktah berwarna merah di atasnya. Tekstur kue bangkit yang sangat halus dan gampang remuk. Kue bangkit akan lumer di dalam mulut dan mempunyai rasa yang renyah ketika dikunyah. Rasanya yang manis ini menjadi daya tarik bagi anak-anak.

8.Keripik nangka

Keripik Nangka dari buah nangka segar yang telah dipilih mutunya dan melalui proses pembuatan yang higienis dan sehat, dalam arti keripik nangka ini tanpa memakai bahan pemutih ataupun pengawet. Dengan proses penggorengan melalui vacuum frying membuat keaslian rasa dan nutrisi keripik nangka tetap terjaga. Minyak nabati berkualitas yang digunakan dalam proses penggorengan keripik sehingga hasil akhir keripik ini benar benar bebas dari kolesterol jahat, karena semua bahan bebas dari lemak hewani. Disamping

Kemudian minuman daerah riau adalah berikut ini:
1.Es Laksamanana Mengamuk

Es Laksamana Mengamuk merupakan minuman dingin yang menggunakan buah kuini sebagai bahan utama. Konon, keberadaan minuman ini berawal dari mengamuknya seorang laksamana di kebun kuini. Laksamana tersebut mengamuk lantaran istrinya dibawa lari oleh pemilik kebun kuini tersebut. Sang laksamana menebas-nebaskan pedangnya ke seluruh penjuru, hingga puluhan buah kuini hancur karena kemarahannya ini. Usai sang laksamana menuntaskan kemarahannya dan pulang, orang-orang di sekitar kebun kuini mengambil puluhan buah kuini yang sudah tercincang dan terhampar di rumput. Pada awalnya, orang-orang tersebut bingung, akan diapakan buah kuini yang telah terpotong-potong tersebut. Hingga salah seorang wantia, mencampurkan potongan-potongan buah kuini itu dengan air santan dan gula merah. Jadilah minuman segar, yang pada waktu itu, langsung dinikmati oleh orang sekampung.

2.es sirop mak inang sayang

minuman ne tak kalah menarik karena sajian es sirop ne    menggambarkan betapa segarnya minuman yang di olah oleh mak inang dengan penuh kasih sayang

2 komentar: